Google
 

Tuesday, February 26, 2008

Senthe Wulung

>

(Alokasia Jawa Hitam) Senthe Hitam atau senthe wulung nama Latinnya Alocasia Plumbea. Tanaman ini merupakan tanaman asli Indonesia (p. Jawa) dengan ciri-ciri batang dan daun bagian bawah berwarna coklat kehitaman/keunguan, daun bagian atas hijau tua mengkilap, getahnya juga berwarna coklat kehitaman.
Alokasia Jawa Hitam, Senthe Wulung ini, konon bisa mengusir malapetaka, sebagaimana kepercayaan di Jawa, setiap yang hitam-hitam berdaya magis kuat (ayam cemani, misalnya). Bisa diletakkan didepan rumah sebelah kanan untuk mengusir sial dan rugi, dan serangan mahluk halus DULU tanaman ini hanya merupakan tumbuhan liar yang hidup dipinggiran sungai, persawahan ataupun tegalan yang lembab. Keberadaannya tak terlalu mencuri perhatian. Hanya kadang di musim hujan daunnya yang lebar sering difungsikan sebagai payung darurat agar badan tak basah. Itulah talas hutan atau dalam lingkungan masyarakat Jawa lebih populer dengan nama Senthe. Padahal nama aslinya cukup beken, yakni Alocasia macrorhiza. Kini, meskipun di habitat aslinya masih banyak ditemukan, seiring dengan makin tumbuhnya apresiasi masyarakat Senthe mulai ‘naik derajat’. Tanaman ini telah menjadi bagian keindahan taman-taman di perkotaan, hotel maupun rumah-rumah mewah. Tak heran, dalam beberapa waktu terakhir Senthe menjadi perbincangan hangat di masyarakat. Banyak yang meyakini Senthe punya prospek bagus dari sisi komersial. Namun tak sedikit pula para ‘pemain’ atau pelaku bisnis tanaman hias yang meragukannya.Lepas dari itu semua, secara kasat mata tanaman Senthe memang mempunyai daya tarik cukup kuat. Apalagi sekarang mulai bermunculan varian-varian yang menambah khasanah dan alternasi tanaman Senthe. Tak hanya Senthe hijau saja, namun ada pula Senthe hitam atau wulung. Senthe wulung mempunyai nama umum Alocasia plumbea namun ada juga yang menyebutnya Java black alocasiase. Bahkan seolah tak mau kalah dengan tanaman jenis Anthurium dan lainnya, tanaman Senthe juga ada yang variegata. Tak heran, tanaman Senthe terutama yang hitam dan variegate kini mulai diburu para hobiis.Bila dicermati Senthe memang cukup menarik. Batangnya kokoh sementara daunnya melebar. Tak seperti tanaman keladi yang daunnya tengadah (horizontal), daun Senthe tumbuh tegak (vertikal) sehingga terkesan lebih gagah. Tepi daunnya bergelombang dan di seluruh permukaannya terdapat tekstur yang indah, ditopang urat daun yang menonjol kokoh. Bila terawat dengan baik Senthe bisa mencapai tinggi lebih dari 2 meter. Sebagaimana sifat tanaman jenis Alokasia pada umumnya, Senthe juga bandel. Selain tahan panas juga tidak rewel dalam hal perawatan karena pada dasarnya merupakan tumbuhan liar. Tak berlebihan rasanya bila banyak pihak yang optimis tanaman ini mempunyai prospek yang cerah. (Sumber dari Koran KR)

1 comment:

Anonymous said...

gambarnya bukan senthe hitam, tapi senthe variegata. Mau lihat gambar senthe hitam ? silahkan kunjngi tamanbilqis.indonetwork.co.id