Google
 

Thursday, November 10, 2011

Tips Mudah Menanam Tanaman

>


Menanam itu kelihatan mudah, Lebih lengkapnya mengetahui tips-tips menanam dengan benar sehingga tanaman bisa tumbuh dengan subur dan baik hasilnya. Ada beberapa tahap-tahap bagaimana cara menanam dengan benar di bawah ini: 


1. Bersihkan lahan. Bersihkan lahan dari sampah, tanaman gulma atau rumput-ruput liar dan apa saja yang dapat mengganggu pertumbuhan tanaman serta dapat mengganggu aliran air.

2. Mengamati kualitas lapisan tanah (Top Soil). Apabila kondisi lapisan tanah atas begitu buruk dan tidak subur, tanah dapat diangkat kurang lebih 15 cm, kemudian dapat diganti dengan humus atau tanah yang subur. Nah, apabila tanah lapisan atas memiliki sifat liat atau banyak mengikat air, tanah dapat diangkat kurang lebih 30 cm, lalu tanah yang diangkat tadi dicampur dengan pupuk organik, pupuk kompos atau bisa juga pupuk kandang. lalu jika tanah anda padat sekali anda padat menggemburkankan kemudian di campur denga pupuk hijau atau kompos, hal ini dilakukan untuk memperbaiki drainase tanah.

3. Terakhir membuat lubang tanam. Dalam pembuatan lubang tanam kita harus menyesuaikan dengan ukuran tanaman yang akan kita tanam itu sendiri. Biasanya lubang tanam untuk pohon itu sekitar 60 cm, lalu untuk perdu lubang tanamnya sekitar 30 cm, sedangkan tanaman penutup tanah biasanya lubang tanamannya itu sekitar 20 cm. Untuk penanaman pohon dan perdu sebaiknya setelah menanam diberi penyangga agar tanaman baru tersebut tidak rubuh jika terkena terapaan angin.

Nah itulah beberapa hal yang dianggap sepele tapi sangat berpengaruh dalam pertumbuhan tanaman yang kita tanam, silahkan mencoba.

No comments: