Google
 

Monday, November 14, 2011

Tanaman Rambat Berbunga

>

Solusi rumah sejuk  indah  dan cantik? tanaman rambat berbunga dapat diperhitungkan. ada beberapa tanaman rambat yang dapat anda pilih. Dipladenia Salah satu tanaman rambat yang masih sefamili dengan Mandevilla ini dikenal juga dengan nama Mandevilla Red Riding Hood. Karakternya hampir mirip Mandevilla, namun daunnya lebih kecil.

Dipladenia memiliki bunga yang sangat indah, sekilas mirip bunga adenium.Warnanya merah menyala. "Jika disimpan di tempat panas, tak akan terlalu menjalar, tapi bunganya banyak. Bunga Dipladenia akan bertahan selama 3-4 hari. Sebaliknya, disimpan di tempat teduh akan cepat menjalar, tapi bunganya sedikit," tutur Ricky Hadimulya dari Hara Nursery. Asalkan cukup terkena sinar matahari dan rutin diberi pupuk, Dipladenia akan berbunga sepanjang tahun. Tentu saja media tanam harus porous, terdiri dari cocopeat dan sekam bakar. Dari sisi perawatan, Dipladenia lebih mudah dibandingkan Mandevilla. Hamanya tak terlalu banyak, paling-paling hanya dijangkiti kutu putih. Dan perbanyakan bisa dilakukan dengan stek. Tanaman ini banyak diminati orang terutama sebagai pajangan, karena bunganya merah menarik. Harga per pot berukuran 15 cm Rp 25 ribu, ukuran 20 cm Rp 50 ribu, dan ukuran 30 cm Rp 100 ribu.
Mandevilla sanderi Mandevilla merupakan tanaman rambat asal Florida, Amerika Serikat. bunganya seperti terompet berwarna putih, pink, atau merah, menumpuk seperti mawar. Kelebihan lainnya, selalu berbunga sepanjang waktu, bahkan bisa bertahan sampai 3-4 tahun. Jadi, bukan tanaman semusim yang 6 bulan tumbuh lalu mati. Selain merambat, Mandevilla juga bisa menjuntai, karena batangnya lemas. Tak keran jika Mandevilla punya daya tarik sendiri. Mandevilla sangat menyukai panas yang membuat bunganya mudah bermunculan. Di saat hujan pun, akan tetap berbunga. "Agar bunganya tumbuh cantik, perhatikan perawatannya. Misalnya pemberian pupuk dan penyemprotan hama dengan pestisida. Media yang dipakai: cocopeat (serbuk kelapa) dan sekam bakar," papar Ricky Hadimulya, pemilik Hara Nursery. Agar merambat lebih bagus, media tanam harus diganti secara berkala dan gunakan pot ukuran agak besar.
Malaythong Selain Mandevilla, tanaman rambat lainnya adalah Malaythong. Pertama kali ditemukan di Malaysia oleh orang Thailand. Thong dalam bahasa Thailand berarti kuning. Dinamai Malaythong karena bunganya berwarna kuning dan sangat menarik. Bunganya mungil seperti melati dan berbunga sepanjang tahun, bahkan bisa bertahan selama sebulan. Bunganya tumbuh menggantung, sehingga amat cocok diletakkan di dalam pot gantung. Berbeda dengan Mandevilla, cara menstek Malaythong diperlukan batang yang lebih panjang.
Quisqualis indica Nama lainnya adalah Rangoon creeper atau ceguk wundani. Warna bunganya semula putih, lama-lama berubah jadi pink, lalu merah tua dan berbau harum. Menyukai panas, namun agak sulit dirawat. Ibarat jodoh, bila cocok, tanaman ini akan berbunga terus. Jika tak cocok, akan sulit berbunga.
Perbanyakannya pun agak sulit. Dari 50 anakan biasanya yang jadi hanya 30 anakan saja. Media tanamnya: tanah, decastar, gromor, dan hormon. Penyiraman dilakukan sehari dua kali, pagi dan sore. Perhatikan cara pemberian pupuk, berikan hormon di pagi hari, dan pupuk di malam hari (agar tak menguap terkena sinar matahari).
Passionflora Termasuk ke dalam famili buah markisa. Ada buahnya, tapi rasanya masam. Warna bunganya ungu, merah, dan putih. Melati gambir, melati menur, dan melati janggut. Melati janggut memiliki "janggut" pada ujung bunga-bunyanya.
Lonicera japonica Bunganya berwarna kuning. Asli berasal dari Jepang dan dikembangkan di Australia. Sementara yang bunganya berwarna merah, berasal dari Belgia.
Morning glory Tidak berbatang keras, enteng, simpel, dan terkesan ringan. Bila banyak terkena panas, bunganya akan berwarna ungu. Bila diletakkan di tempat teduh atau bersuhu dingin, bunganya akan berwarna biru.
Dolar kecil & besar Sebaiknya dibuat merambat pada dinding yang permukaannya kasar agar akar dapat menempel kuat. Dan sebaiknya jangan dirambatkan pada dinding yang sudah dipoles cat.
Ipomea quamoclit Nama lainnya rincik bumi dan sangga langit. Tanaman ini amat cocok ditanam dalam pot, karena ukuran bunganya kecik-kecil. Bila dirambatkan pada pergola, bunganyanya tidak akan terlalu terlihat. (Nove)

No comments: