Google
 

Friday, January 04, 2008

Mitos....ada apa dengan tanaman jambu merah delima...

>

Selama ini, jambu air merah delima (Syzygium Aqueum) diyakini hanya dapat ditanam di Demak, terutama di Desa Betokan, Cabean, dan Tempuran, Kecamatan Kota. Mitos itu berkembang selama puluhan tahun, bahkan sering dikaitkan dengan Sunan Kalijaga yang turut memopulerkan plasma nutfah kabupaten ini. Benarkah mitos tersebut?
Benar bahwa Demak merupakan sentra utama jambu merah delima di Indonesia. Tidak keliru pula jika sebagian besar warga di ke-tiga desa itu memiliki tanaman tersebut. Menurut data Subdinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Demak, populasi tanaman jambu air merah delima di kabupaten ini tercatat 95.627 batang, 38.570 diantaranya telah berbuah. Jumlah produksi mencapai 20.500 kuintal per-tahun. Buah ini berukuran super, berwarna merah tua seperti buah delima, rasanya manis, dan mengandung banyak air. Harga di pasar-pasar tradisional sekitar Rp 10.000/kg, sedangkan di swalayan mencapai Rp 15 ribu/kg. Sudarno, salah seorang warga Kelurahan Penggaron Lor, Kecamatan Genuk, Semarang, mengatakan keliru jika menganggap buah ini tak bisa ditanam di luar Demak. Terbukti ia pun sukses menanamnya di Semarang. “Yang penting cukup air,” tandas Sudarno yang dikutip dalam sebuah situs tentang jambu merah delima.
Bahkan varietas jambu air ini telah lama dibudidayakan di Eropa, dikenal sebagai water apple, termasuk dalam keluarga Myrtaceae. Asalnya pun dari wilayah selatan India dan Malaysia Timur, lalu menyebar ke Philipina, Indonesia, Hawai (AS), hingga Trinidad, dan Tobago. Varietas Unggulan Dalam berbagai literatur disebutkan, jambu air merah delima tumbuh di dataran rendah hingga sedang (100-600 meter dpl). Jadi bisa ditanam di daerah-daerah sepanjang pesisir utara Jawa. Jambu air yang bentuknya mirip lonceng ini ditetapkan sebagai tanaman varietas unggulan, sebagaimana Surat Keputusan Menteri Pertanian Nomor 512/Kpts/SR, tertanggal 12 Desember 2005. Rasanya manis dan segar, karena dalam setiap kilogram terdapat kadar gula sebanyak 7,2 brik, 117 mg vitamin C, dan 84% air. Menurut Sudarno, budidaya jambu merah delima relatif sederhana. “Asalkan rajin disiram pada musim kemarau, hasilnya pasti bagus,” imbuh petani yang memiliki 80 pohon indukan ini. Dia mengairi kebunnya dari Kali Babon yang berjarak sekitar 1 km. Pada musim kemarau, minimal sehari sekali. “Lebih bagus sampai berlumpur, karena buahnya makin banyak,” katanya.

No comments: